SAYA : SETYA NOVANTO

FEATURE PEOPLE : Minggu-minggu ini nyaris semua berita di tanah air wara wiri memberitakan dan ‘mencari‘ pesohor bidang politik yang satu ini : Setya Novanto yang konon sekarang ini ‘menghilang‘ belum tertemukan.

Foto dok: Viva.co.id

Bak seorang Selebriti kelas dunia, apapun yang menyangkut Setya Novanto ‘disambar’ untuk segera diberitakan atau diviralkan.

Siapakah sebenarnya Setya Novanto ini selain yang kita semua tahu beliau adalah seorang Ketua DPR? Bagaimana Setya Novanto bisa menjadi seorang yang sedemikian hebat dan ngetop seantero negri?

Foto dok: Beritasatu

Saya mengulik dan mengutip dari beberapa sumber tentang Setya Novanto yang ternyata apa yang dicapai seperti sekarang tidaklah datang sekonyong-konyong, namun penuh perjuangan, keringat dan air mata (hmm agak lebay sih ini istilahnya), namun yang pasti pencapaian Novanto juga didapat dari hasil keuletan dan kerja keras.

Foto dok: harmoni media

Berikut adalah kutipan saya dari laman Viva.co.id tentang Setya Novanto :

Foto dok: istimewa

Setelah empat belas tahun terjun di dunia bisnis, Setya Novanto bertarung di dunia politik. Pengalamannya sebagai pengusaha mengantarkannya menjadi anggota dewan dan pengurus partai. Puncaknya, ia terpilih menjadi Ketua DPR RI dan Ketua Umum DPP Partai Golkar.

Foto dok: detik news

Pria kelahiran Bandung, 12 November 1955, ini dari pasangan  R. Soewondo Mangunratsongko dan Julia Maria Sulastri. Novanto berasal dari keluarga besar. Dia anak kelima dari delapan bersaudara. Novanto menikahi  Deisti Astriani, S.H. Dari pernikahannya dikaruniai  tiga anak; Reza Herwindo, Dwina Michaela, dan Gavriel Putranto.

Foto dok: mediajurnal.com

Pada usia TK dan SD, Novanto menghabiskan di Bandung.Setelah itu, orang tuanya pindah ke Surabaya. Semua keluarga Novanto ikut Surabaya. Getirnya kehidupan Novanto mulai terasa. Bapak dan ibunya tidak ada kecocokan dan memilih berpisah. Akibatnya, Novanto dan saudaranya memilih ikut ibunya tinggal di Jakarta.

Novanto menyelesaikan SMP dan SMA di Jakarta.  Usai menamatkan SMA, Novanto kembali ke Surabaya untuk kuliah. Meski bapaknya ada di Surabaya, dia memilih sewa kontrakan untuk tinggal di Surabaya. Dia ingin mandiri. Untuk biaya kuliah juga dia harus menguras tenaga dan pikirannya. Mulai dari jualan beras dan madu di pasar, jadi model, hingga sales mobil.

Pendidikan bagi Novanto penting. Untuk menyelesaikan sarjana penuhnya, dia kembali ke Jakarta, kuliah di Universitas Trisakti. Untuk membiayai hidupnya, lagi-lagi Novanto putar otak. Karena uang tabungan dari Surabaya hanya cukup untuk biaya daftar kuliah.

Akhirnya, ia membuka jasa foto copy, salah satunya menjual buku kuliah copian ke mahasiswa. Dari kelebihan uang ini, Novanto mendirikan kantin di kampus. Perjuangannya sukses, ia akhirnya, menjadi sarjana penuh pada usia 29 tahun.

Foto dok: merdeka.com

Sukses kuliah, ia buktikan juga di dunia kerja. Setelah menyandang sarjana ekonomi, Novanto dipercaya untuk mengelola sebuah SPBU di Cikokol, Tangerang. Dibawah pengeloalaannya, SPBU ini berkembang pesat. Keberhasilan ini menantang Novanto untuk lebih maju lagi.

Ia memutuskan untuk membangun perusahaan sendiri dalam bidang lain bersama teman-temannya. Kerja kerasnya membawa kesuksesan Novanto dalam  bidang lain; perternakan, pengadaan bahan baku tekstil, kertas, kontrkator bangunan, industri pabrik kayu, transportasi, perdagangan, lapangan golf bertaraf internasional, dan bisnis hotel.

Karier politiknya berlanjut. Pada pemilu 1999, Novanto terpilih menjadi anggota DPR dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur (NTT). Pada pemilu berikutnya, tiga kali berturut-turut dia kembali terpilih menjadi anggota DPR. Jabatannya di DPR terus menaik. Mulai dari anggota, bendahara, hingga ketua Fraksi Partai Golkar. Puncaknya, 2 Oktober 2014, ia terpilih sebagai Ketua DPR RI 2014-2019.

Foto dok: tirto.id

Begitulah, antara lain yang kita bisa dalami dan ketahui sedikit banyak tentang Setya Novanto. Dan seperti yang kita semua mahfum bahwa sejak terjun ke dunia politik banyak hal atau kasus melibatkan nama Setya Novanto, mulai dari kasus “papa minta saham” hingga yang paling mutakhir adalah kasus E-KTP, dimana kasus yang terakhir ini malah bisa membuatnya “Menghilang“.

Foto dok: batamnews

Lalu, kemudian bagaimana ini? Kita tunggu saja berita dan info-info selanjutnya.

Dan jreenggg,! breaking news semalam (16/11), diinfokan Setya Novanto terkapar kembali di rumah sakit dikarenakan kecelakaan mobil mewahnya menabrak tiang listrik.

Foto dok : Istimewa – sumber fb/katakita

Breaking News selanjutnya, pada minggu malam (19/11), Setya Novanto dengan menggunaakan kursi roda turun dari mobil dibawa menuju ke KPK dan ber-rompi oranye.

Foto dok: Istimewa

Novanto menjalani pemeriksaan di KPK minggu malam (19/11) hingga Senin (20/11) dini hari (Foto dok: Istimewa)

Kita tunggu lagi kabar selanjutnya. Yang pasti, apa yang sekarang sedang dilakukan KPK semestinyalah kita dukung sepenuhnya.

Just Relax, Wait and See fot the next chapter of this King of NewsMaker ..!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s