DILAN 1990: TERASA SEGAR DI HINGAR BINGAR TAHUN POLITIK

Review Film: Meski agak sedikit terlambat rasanya kurang hitz kalau tidak menulis tentang Dilan di blog saya ini. Perbincangan tentang kekonyolan dan celetukan cerdas sang tokoh utama Dilan (diperankan oleh Iqbal Ramadhan) makin wara wiri di spot-spot tongkrongan anak muda bahkan di kantor-kantor menjadi gurauan seru mengikuti ceplosan ala Dilan. Nyaris menipiskan diskusi dan perdebatan tentang situasi yang mestinya panas di tahun politik ini. Meme plesetan kalimat Dilan-pun juga bermunculan di dunia medsos. Terasa segar.

Foto dok: istimewa

Apa yang membuat film Dilan ini begitu fenomenal bahkan kalau hitungan box office Indonesia, film ini sudah mencapai lebih dari enam juta penonton pada minggu terakhir bulan Februari ini. Dan hingga saat ini film tersebut masih nangkring di theater XXI, Cinemaxx dan CGV. Ambisi dari para pemain seperti Brandon Salim dan Vanesa Prescilla, film harus mampu menembus tujuh juta penonton. Iqbal sendiri yang merupakan pemain sentral dan berperan sebagai Dilan sudah terbang kembali ke Amerika Serikat untuk memulai perkuliahannya setelah menyelesaikan film ini.

Para pemain Dilan 1990 (foto dok: istimewa)

Menurut saya (yang juga nonton film ini karena penasaran), sebenernya film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Pidi Baiq ini biasa-biasa dari sisi cerita, namun terasa berbeda dan menjadi istimewa dikarenakan dialog-dialog cerdas di sepanjang film ini, serta penggambaran cerita remaja SMA yang orisinil pada masa itu (1990). Dimana rasanya kehidupan terasa ringan dan tanpa beban dengan segala keunikan dan emosi pencarian jati diri masa remaja jaman itu. Dan yang lebih menonjolkan keseruan film ini juga karena para pemainnya yang sukses memainkan peranannya dengan stabil dan konsisten. Dan, Iqbal Ramadan tak bisa dipungkiri menjadi magnet dari keutuhan film ini. Dengan kepolosan dan keluguannya namun bisa garang ketika sedang marah dan berkelahi mampu membuat penyanyi CJR ini menggiring orang datang ke bioskop membeli tiket dan duduk manis senyum-senyum sendiri hingga film usai.

Kehebohan dari film Dilan 1990 ini-pun mampu membuat Presiden Jokowi ikut menyempatkan diri nonton bersama keluarga.

Presiden Jokowi beserta Kahiyang dan Bobby saat menonton film Dilan 1990 di XXI Senayan City (foto dok: Istimewa)

Bagi yang belum sempat nonton, ini sedikit bocoran ceritanya :

Milea (Vanesha Prescilla) bertemu dengan Dilan (Iqbaal Ramadhan) di sebuah SMA di Bandung. Itu adalah tahun 1990, saat Milea pindah dari Jakarta ke Bandung. Perkenalan yang tidak biasa kemudian membawa Milea mulai mengenal keunikan Dilan lebih jauh. Dilan yang pintar, baik hati dan romantis… semua dengan caranya sendiri. Cara Dilan mendekati Milea tidak sama dengan teman-teman lelakinya yang lain, bahkan dibanding Beni, pacar Milea di Jakarta. Cara berbicara Dilan yang terdengar kaku namun cerdas ceplas ceplos, lambat laun justru membuat Milea kerap merindukannya jika sehari saja ia tak mendengar suara itu. Perjalanan hubungan mereka tak selalu mulus: persoalan Beni, gank motor, tawuran, Anhar, Kang Adi, semua mewarnai perjalanan itu. Dan Dilan dengan caranya sendiri selalu bisa membuat Milea percaya bahwa Dilan adalah orang yang selalu dirindukannya.

Katanya, dunia SMA adalah dunia paling indah. Dunia Milea dan Dilan satu tingkat lebih indah daripada itu.

Mungkin sangat manis ketika kita mengingat ucapan Dilan pada Milea : ” Kamu jangan rindu, biar aku saja karena rindu itu berat..” atau, ” Cemburu itu buat orang yang tidak percaya diri,.. dan kamu tahu, aku sekarang sedang tidak percaya diri..”

Dilan 1990 (gambar: istimewa)

Hmm, gimana? Senyum-senyum sendiri kan sambil mengingat masa SMA saat sedang mengejar gacoannya.

Bravo film Indonesia! Keep moving up on creativity.

Let’s movie for FUN!

2 comments

  1. Hi webmaster, i’ve been reading your articles for some time and I really like coming back here.
    I can see that you probably don’t make money on your blog.
    I know one simple method of earning money, I think you will
    like it. Search google for: dracko’s tricks

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s