MENUNGGU KETUKAN PALU KERAS SANG HAKIM AGUNG: ARTIDJO ALKOSTAR

SOSOK TERKENAL: Siapa yang tidak kenal dengan Artidjo Alkostar? Kenal secara langsung mungkin tidak, namun dari bacaan-bacaan berita kita tahu bahwa beliau adalah seorang hakim kenamaan yang jujur dan sangat idealis di Indonesia.

Artidjo Alkostar (Fot dok: Istimewa)

Pria kereng bertitel Hakim Agung ini kerap mendapat sorotan atas beberapa keputusan dan pernyataan beda pendapatnya dalam banyak kasus besar.

Saat ini Artidjo dipercaya menduduki posisi sebagai Ketua Muda Kamar Pidana Mahkamah Agung (MA) Indonesia sejak 2014.

Pria berdarah Madura ini lahir di Situbondo pada 22 Mei 1949. Hingga SMA, Artidjo mengenyam pendidikan di Asem Bagus, Situbondo. Setelah lulus pendidikan menengah atas, ia kemudian hijrah ke Yogyakarta untuk melanjutkan studinya di UII Yogyakarta.

Setelah berhasil menyandang gelar Sarjana Hukum dari UII pada 1976, Artidjo menjadi dosen di almamaternya hingga saat ini. Di almamaternya tersebut Artidjo mengisi mata kuliah Hukum Acara Pidana dan Etika Profesi, serta mata kuliah HAM untuk mahasiswa S2. Karena aktifitas mengajarnya tersebut Artidjo rela melakukan rutinitas perjalanan Yogya Jakarta setiap minggunya karena Ia mengajar setiap hari Sabtu sejak pagi hingga malam dan kembali ke Jakarta pada Senin pagi.

Selain aktif sebagai dosen, Artidjo juga pernah bergiat di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta. Ia menduduki jabatan sebagai Wakil Direktur sejak 1981 hingga 1983. Setelahnya, ia pun diangkat menjadi orang nomor satu di LBH Yogyakarta sampai dengan 1989.

Artidjo pernah mengikuti pelatihan untuk pengacara mengenai HAM di New York pada tahun 1989-1991. Pada saat itu juga Artidjo bekerja di Human Right Watch Asian Division di kota New York sambil mengikuti bimbingan di Columbia University selama 6 bulan.

Sekembalinya ke Indonesia, Artidjo mendirikan kantor hukum bernama Artidjo Alkostar and Associates. Bertahan hingga tahun 2000, ia pun harus menutup firma hukumnya. Pada tahun itu pula, ia ditunjuk oleh Menteri Kehakiman dan HAM Yusril Ihza Mahendra untuk menjadi Hakim Agung (MA) hingga saat ini.

Dikarenakan sikapnya yang sangat tegas pada pandangannya terhadap keadilan selama menggeluti dunia advokasi didukung dengan keilmuannya, tentunya Artidjo sudah banyak makan asam garam dunia kehakiman dan peradilan. Mulai dari yang bersifat decak kagum atas putusan-putusan idealis dan kontroversi hingga ancaman-ancaman yang mengarah ke dirinya. Salah satu putusan kontroversialnya adalah saat menangani kasus banding terpidana korupsi politikus Angelina Sondakh yang diputuskan 4 tahun penjara namun ketika banding ditangan Artidjo menambah memperberat putusan menjadi 12 tahun! Artidjo juga yang menangani kasus-kasus “luar biasa” macam kasus Akil Mochtar, OC Kaligis, Anas Urbaningrum hingga kasus presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq.

Foto dok: Istimewa

Pada saat menjadi pembela kasus Santa Cruz di Dili pada 1992, ia pernah diintai oleh intel hingga diancam supir taksi. Tak hanya itu, sewaktu membela korban penembakan misterius muncul kabar bahwa ada tim yang sudah mengincar Artidjo. Ia akan ditembak ketika kembali ke Yogyakarta.

Beda pandangan dan pendapat-pun pernah terjadi kala menjadi Hakim Agung yang menangani perkara korupsi yayasan dengan terdakwa mantan presiden Soeharto. Saat dua hakim lainnya menginginkan perkara tersebut dihentikan, Artidjo justru sebaliknya.

Berkat putusan dan idealismenya, Artidjo Alkostar memiliki reputasi yang baik. Ia dikenal sebagai hakim yang jujur dan bersih.

Nah, kabar yang paling hitz saatini, Artidjo Alkostar telah ditunjuk sebagai pimpinan sidang PK atas vonis dua tahun penjara yang diajukan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Basuki Tjahaja Purnama (Foto dok: Istimewa)

Dan, saya-pun tak sabar menunggu persidangan dan ketukan palu Sang Hakim Agung Artidjo Alkostar yang kereng ini.

Semangat Koh!

(Artikel ditulis berdasarkan berbagai sumber seperti Wikipedia, Tirto.id, Otobiografi Artidjo dan beberapa percakapan Whatsapp dan Social Media)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s