MUTIARA SYURGA BER-QIRA’AH DI BALAIKOTA DKI

PROFILE: Mungkin banyak yang belum mengenal gadis manis yang baru baru ini diundang Gubernur Anies di Balaikota DKI. Ya, dia adalah Rifdah Farnidah dari Sumedang Indonesia telah mengharumkan nama bangsa setelah dinobatkan sebagai juara kedua Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) Putri Tingkat Internasional kategori Tahfizh 30 juz yang berlangsung di Amman, Yordania.

Foto: Rifdah Farnidah (dok: Istimewa)

Kementerian Waqaf dan Agama Islam Kerajaan Hasyimiah Yordania mengumumkan keberhasilan Rifdah menghafal seluruh juz Alquran itu pada 24 Maret 2018.

Pada acara tahunan yang sudah digelar 13 kali ini, gadis berdarah Sunda itu harus bersaing dengan 29 peserta dari 28 negara dari Eropa, Asia, dan Afrika.

Dubes Indonesia untuk Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto, yang menghadiri upacara pembukaan kompetisi MHQ di Aula Masjid King Abdullah I, mengaku bangga kepada Rifdah yang telah menyumbang prestasi pada kompetisi internasional di Yordania itu.

“Saya berharap jejak ini dapat diikuti oleh kaum muda lainnya di tanah air agar dapat berperan sebagai agen diplomasi Indonesia pengharum nama bangsa,” kata Andy yang bertemu dengan Menteri Waqaf dan Agama Islam Yordania, Abdul Nasser Abu Basal, dan Mufti Besar Yordania, Syeikh Mohammad Khalaileh, pada pembukaan acara itu.

Abu Basal sendiri menggarisbawahi keutamaan generasi muda muslim untuk senantiasa menjaga, merawat dan mengamalkan Alquran yang salah satunya melalui pembinaan menjadi hafiz Quran. Di Yordania, kegiatan relijius seperti itu didukung penuh oleh pihak kerajaan di bawah naungan Ratu Rania.

Pemenang pertama kompetisi MHQ Putri ini adalah peserta dari Aljazair, diikuti Hafizah, kemudian Iran, Mesir dan Arab Saudi.

Selain mengikuti kompetisi, para peserta juga diajak melakukan napak tilas ke berbagai situs sejarah Islam di Yordania, seperti Gua Ashabul Kahfi, Laut Mati, dan berbagai makam nabi dan para sahabat nabi.

Setelah Menteri Waqaf dan Agama Islam Yordania memberikan sertifikat kepada para pemenang, Dubes Andy Rachmianto mengundang Rifdah guna melantunkan beberapa ayat suci Alquran di Wisma Duta dalam acara “Malam Diaspora” dengan masyarakat Indonesia di Amman.

Pada akhir bulan Maret lalu tepatnya tanggal 29, Rifdah diundang ke Balaikota DKI oleh Gubernur Anies.

Di akun Facebook Anies bercerita tentang sosok Rifdah ini “Semalam Rifdah kami undang ikut hadir dalam acara silaturahmi ulama di Balai Kota. Ia datang bersama ibundanya, dan pembimbingnya, Hj Mutmainnah, dosen di Institut Ilmu Al-Qur’an,” kata Anies.

Dalam kesempatan tersebut Anies mengundang Rifdah maju. Di depan ia bacakan penggalan Quran, dari surah Al Hasyr ayat 18-24. “Di ruang depan Balai Kota yang usia bangunannya dua abad, di ruang yang tak biasa jadi tempat dilantunkannya Al-Quran, puluhan ulama, habib, ustadz dan ustadzah hening, haru dan khusyuk menyimak lantunan ayat dari suara Rifdah yang bening. Sebagian kita yang hadir mulai terlihat mengusap butiran air dari matanya,” ungkap Anies.

Saat Rifdah melantunkan ayat suci Alquran didampingi Anies di Balaikota (Foto dok: Facebook)

Sesudah Rifdah selesai lantunkan penggalan ayat itu, Sheikh Khalid Al Hamoudi, tamu kehormatan malam itu, seorang ulama  dari Mekkah, angkat bicara.

Syaikh  Khalid menyampaikan kekaguman dan apresiasi kepada Rifdah. Lalu beliau mengumumkan, “Perkenankan saya sampaikan hadiah kepada Rifdah. Kami akan sepenuhnya fasilitasi Rifdah bersama kedua orangtuanya, juga ibu dosen pembimbing Rifdah beserta suaminya, untuk diberangkatkan ibadah haji,” katanya

Saya akan tunggu dan sambut di Makkah, di mana Rifdah dan rombongan akan menjadi tamu Allah, dan tamu kehormatan di mata saya,” ungkapnya.

Puluhan hadirin sontak bertakbir dan tahmid. Ruangan bergema, hati tergerak, mata membasah.

Belum selesai, Sheikh Khalid lanjutkan, “Saya punya dua anak perempuan yang juga hafidzah dan sudah lancar tilawah Al-Qur’an dalam berbagai qiroat. Kini saya punya tiga anak perempuan, Rifdah saya angkat menjadi anak perempuan saya yang ketiga,” tandasnya.

Subhanalloh, selamat dan banggalah menjadi Hafidzoh penghafal Alquran sebagai kehidupan di dunia dan syurga kelak.

Mantap! Adik Rifdah..jaga dan amalkan ya..!

(Informasi dari tulisan ini beberapa diambil dari laman berita Antara dan juga dari akun FB Anies Baswedan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s