AROMA SEGAR TENTANG INDAHNYA PERJALANAN DAN ALAM INDONESIA: KULARI KE PANTAI

TENTANG FILM: Kalau kita sedang melakukan suatu perjalanan, semestinyalah kita harus sangat bisa menikmati momen demi momen dan setiap jengkal area yang kita lewati. Sehingga perjalanan tentunya akan terasa indah dan amazing hingga batas akhir dari tujuan perjalanan kita.

Hal ini tergambar dengan manis melalui mata dan tingkah laku ceria seorang anak bernama Sam yang melakukan perjalanan road trip bersama ibu dan sepupunya, dimana setiap momen yang dilewatinya ditangkap melalui kamera polaroidnya menjadi rangkaian indah episode road trip yang dilaluinya.

Foto: Dok istimewa Miles

Kulari ke Pantai, sebuah film keluarga yang wajib tonton bersama dengan orang-orang tercinta khususnya anak-anak kita. Film yang sederhana secara cerita namun dikemas secara cerdas dan mendidik ini mengisahkan tentang ibu-anak Uci dan Sam yang menyusun rencana liburan dari Jakarta ke Banyuwangi dengan perjalanan darat demi menemui peselancar idola Sam.

Ibu dan anak yang tinggal di pulau Rote itu harus sedikit mengubah rencana karena Happy, sepupu Sam, juga tanpa disangka ikut dalam perjalanan.

Sam dan Happy sempat akrab, tapi akhir-akhir ini hubungan mereka tidak sedekat dulu karena kepribadian yang bertolak belakang. Sam adalah anak pencinta alam, sementara Happy belakangan ini sudah terbiasa dengan gaya hidup perkotaan.

Ketidak akraban Sam dan Happy ini membuat Ibu Happy (Karina Suwandi) meminta putrinya ikut dalam perjalanan Sam dan ibunda Sam, Uci (Marsha Timothy).

Perjalanan dari Jakarta sampai Banyuwangi tersebut menjadi begitu begitu penuh warna dan pengalaman serta penuh kejadian-kejadian yang kadang malah justru membuat hubungan Sam dan Happy menjadi semakin kurang akrab karena perbedaan dalam menyikapi suatu momen perjalanannya. Padahal harapan dari orang tua keduanya, dengan perjalanan darat lebih dari 1000 km tersebut, Happy bisa mengenal dan menghargai sepupunya lebih baik. Berbagai tempat menarik mereka kunjungi selama perjalanan. Mulai dari menjajal beragam kuliner di daerah yang mereka lewati sampai dengan mencoba hal-hal yang baru bagi mereka.

Produser film Mira Lesmana sengaja memilih perjalanan darat sebagai cara menyelesaikan pertikaian Sam dan Happy. Bukan tanpa alasan. Perjalanan darat bagi Mira, apalagi satu mobil membuat pihak-pihak yang tersangkut masalah mau tidak mau berkomunikasi dan berkompromi.

Di sisi lain, film itu juga memperlihatkan kekayaan dan keindahan budaya Indonesia pada penontonnya, terutama anak-anak.

Sejumlah aktor seperti Lukman Sardi, Ibnu Jamil, Laksmi Notokusumo, lalu komika Dodit Mulyanto, aktor cilik M.Ahdiyat. Dan, most of it, kemunculan pemain bernama Suku_Dani, seorang keturunan Kanada, yang lahir dan tinggal di Wamena Papua, membuat film ini makin renyah dan segar!

Foto: dok istimewa Miles Pictures

Pada film ini penonton dibuat tergelitik untuk ikut mengeksplorasi Indonesia. Dan di samping mampu mengarahkan para pemain yang terlibat dalam film ini berperan sangat konsisten dan wajar hingga akhir film, Sutradara Riri Riza juga mengungkapkan banyak pesan penting yang terkandung dalam film ini yang kita bisa masing-masing menyimpulkan sendiri setelah menonton film tersebut.

Sungguh Tuhan Pemilik Semesta ini begitu baik pada kita Indonesia, dikaruniai sedemikian indahnya setiap jengkal tanah yang kita pijak dengan segala aroma keunikan budaya serta kearifan lokalnya.

Setelah menonton film ini, saya sungguh bersyukur, saya Indonesia, dan saya cinta!

Foto: dok istimewa Miles

Bravo Riri Riza dan Mira Lesmana! Keep creative and productive!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s