SEARCHING: SEBUAH THRILLER JENIUS DENGAN NUANSA JAMAN NOW

REVIEW: Apa yang terjadi ketika kita sebagai orang tua tiba-tiba mengetahui bahwa anak kita yang selama ini kita kira baik baik saja, menjalankan hal rutinitas yang dia kerjakan dan tiba-tiba anak kita hilang. Dan betapa paniknya kita setelah kita cek ke sekolah, ke tempat les pianonya ternyata si-anak-pun sudah beberapa hari bolos sekolah dan bahkan sudah beberapa bulan tidak aktif lagi di les piano yang selama ini diikutinya. Padahal kita rutin memberikan biaya les pianonya.

Lalu, setelah hilang tanpa bisa dihubungi kita-pun juga baru tahu bahwa anak kita ternyata tidak mempunyai teman dekat yang dapat ditanya tentang keberadaannya. Maka, hanya polisi-lah yang biasanya kita harapkan untuk dapat menemukannya dengan asumsi kemungkinan telah terjadi penculikan atau tindakan kejahatan terhadap anak kita.

Kepanikan dan ketakutan akan kehilangan anaknya dipertontonkan oleh John Cho seorang aktor keturunan Amerika-Korea yang berperan dengan apik sebagai ayah single parent yang kehilangan kontak dengan anak perempuan kesayangan satu-satunya dalam keluaran tahun 2018 Searching. Hebatnya, sang ayah disamping mengadukan hilangnya putrinya ke polisi, diapun melacak dan menyelediki keberadaan putrinya melalui akun social media dan jejak digital putrinya!

Film Searching disutradarai dan ditulis oleh Aneesh Chaganty. John yang berperan sebagai ayah yang kehilangan anaknya beradu akting dengan Debra Messing dan Michelle La.

Film Searching tayang perdana di Sundance Film Festival pada Januari 2018.

Dikisahkan keluarga David Kim yang hidup harmonis bersama sang istri Pam dan anak perempuannya bernama Margot. Sang istri yang didiagnosa kanker pada akhirnya tidak bisa diselamatkan dan meninggalkan mereka berdua.

Setelah kepergian Pam, semua tampak berjalan seperti biasa hingga suatu hari David Kim (John Cho) menemukan putrinya Margot (Michelle La) menghilang dan tidak bisa diketahui keberadaan. Berbagai investigasi telah dilakukan hingga 37 jam tanpa hasil dengan bantuan polisi dan detektif.

Di tengah kekhawatirannya, sang Ayah akhirnya merasa harus mencari putrinya ke tempat yang belum diperiksa yaitu laptopnya. Di era modern dengan teknologi yang canggih, David harus menemukan beragam jejak digital putrinya hingga akhirnya ia mengetahui bahwa putrinya tidak baik-baik saja seperti yang selama ini ia pikirkan. Aneesh Chaganty berhasil mencuri perhatian lewat kisah pencarian anak dengan bermodalkan jejak digital.

Film Searching menawarkan sesuatu yang berbeda dari film biasanya. Banyak scene dan teknik pengambilan gambar yang tidak biasa yaitu lewat layar komputer dan smartphone.

Cukup jenius alur film ini dibuat dengan “memaksa” penonton diajak menjadi detektif dan memutar otak.

Penampilan John Cho sebagai ayah jaman now yang tidak gagap teknologi dan sangat fasih berselancar menggunakan social media dan menelusuri jejak digital pun perlu diberi applaus. Mungkin baru di film ini John Cho diberi peran cukup besar dimana di film-film ngetop lain biasanya dia hanya mendapat porsi kecil.

Film Searching sepertinya juga bisa menjadi pesan penting untuk orang tua yang harus lebih peka dan memperhatikan anak mereka, apa lagi pada usia-usia remaja yang rentan. Di sini pengguna media sosial juga harus lebih berhati-hati tidak semua yang kamu temui di internet baik.

Bagaimana keseruan film thriller jaman now ini? Bagaimana nasib sang putri yang hilang? Tonton aja sendiri yak, film Searching sudah tayang di bioskop Indonesia mulai 24 Agustus 2018.

Let’s movie! It’s awesome!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s