PARASITE: Meski Berawal Manis Kebohongan Akan Tetap Berakhir Gelap Dan Tragis

Review Film: Setelah bergulat dengan kesibukan dan waktu yang tak kunjung didapat, akhirnya lega rasanya dapat kesempatan menonton film Korea yang lagi jadi perbincangan para moviegoers alias pecinta film ini.

Foto: Adegan dalam filem “Parasite”

Saya bukanlah penggemar film Korea sebenarnya, namun sebuah karya film dari sineas Asia yang dianugerahi penghargaan Palme d’Or sebuah apresiasi tertinggi di ajang film bergengsi Cannes Film Festival 2019 tentunya bukan film main-main yang cupu dan ecek-ecek tentunya menarik rasa penasaran saya yang memang doyan nonton film.

Dan film yang banyak menuai pujian dari para kritikus film ini bahkan ada yang memberi angka 98% untuk karya sutradara Boong Joon-ho ini memang layak dan wajib tonton!

Film Parasite pada dasarnya berkisah tentang keluarga yang kurang beruntung yang hidup di kawasan apartemen tak layak huni dan kehidupanya hanya ditopang dari hasil melipat kotak pizza, dipertemukan dengan satu keluarga yang kaya raya yang tinggal di rumah super mewah.

Foto:Adegan dalam film “Parasite”

Pertemuan dua keluarga tersebut terbentuk dikarenakan hubungan antara pekerja dan pemberi kerja yang saling membutuhkan. Dimana awalnya diciptakan intrik dan kebohongan demi kebohongan yang membuat keluarga kaya yang naif dan baik hati tersebut secara berurutan menampung seluruh anggota keluarga miskin tadi berkerja di rumah mewahnya dengan fungsi tugas masing-masing mulai dari sopir pribadi, guru les hingga pengurus rumah, tanpa tahu sama sekali bahwa mereka sebenarnya adalah satu keluarga: suami, istri dan anak-anaknya!

Awalnya hubungan simbiosis saling membutuhkan tersebut sangatlah manis. Si keluarga miskin tercukupi kebutuhan hidupnya karena bisa mendapatkan pekerjaan, dan si keluarga kaya-pun terbantu.

Foto: Adegan dalam film “Parasite”

Dan, film ini memulai twist yang tidak terduga dan penonton-pun terus dibuat gelisah dan menunggu-nunggu apa yang akan terjadi berikutnya menit demi menit menatap layar.

Itu semua dimulai ketika penonton dibuat mengetahui bahwa di ruang bawah tanah di rumah mewah tersebut ternyata juga ada penghuni lain yang sudah bertahun-tahun tinggal menetap di situ! Perlu dicatat ya ini bukan film horor tentang setan, namun film ini real drama yang cukup seru dan un-expected plot ceritanya sangat sulit ditebak apa yang akan terjadi berikutnya.

Film Parasite dibintangi oleh aktor kenamaan Korea Selatan, Song Kang-ho yang memerankan sosok Kim Ki-taek, lalu ada Jang Hye-jin sebagai Choong-sook, Choi Woo-shik sebagai Kim Ki-woo, dan Park So-dam sebagai Kim Ki-jung.

Selain mereka, film ini juga dibintangi Lee Sun-kyun sebagai Mr Park, Cho Yeo-jeong sebagai Yeon-kyo, Jung Ji-so sebagai Park Da-hye, dan Jung Hyun-joon sebagai Park Da-song.

Foto: Adegan dalam film “Parasite”

Film Korea yang berjaya di kancah perhelatan perfileman bergengsi ini benar-benar dipenuhi adegan yang penuh intrik dan kebohongan serta prasangka yang akhirnya berujung tragedi.

Dan, kebohongan yang tampaknya menghasilkan awal mulus manis dan terlihat baik-baik saja ini tetap saja berakhir gelap dan tragis..

Well, karena film ini menurut saya memang bagus, dan pastinya saya tidak akan jadi spoiler. Film ini memang layak dan recommended untuk ditonton!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s